Home

Ketika anda membuat sebuah macro di Excel, macro tersebut tersedia hanya untuk lembar kerja saat itu saja dan tidak tersedia untuk lembar kerja lainnya. Tapi anda bisa membuat macro global (dapat digunakan untuk semua lembar kerja) di Excel.

Yang harus anda lakukan adalah meletakkannya pada lembar kerja khusus yang diberi nama Personal.xls. Caranya, buka sebuah lembar kerja kosong. Pilih File – Save As dan beri nama lembar kerja tersebut Personal.xls. Masuklah ke folder c:\Program Files\Microsoft Office\Office\XLStart pada Office 2000 atau c:\Program Files\Microsoft Office\Office10\XLStart pada Office XP dan klik Save untuk menyimpan file dan menutup dialog Save As.

Sekarang jalankan Excel. Excel akan membuka Personal.xls pertama kali. Pilih Window – Hide dan pilih File – Save lalu keluar dari Excel (akan muncul jendela peringatan seperti gambar 1, lalu tekan Yes).

Sekarang setiap kali anda membuka Excel, Personal.xls akan dibuka dengan tersembunyi. Untuk memasukkan macro pada Personal.xls, anda harus memilih Window – Unhide untuk membuat lembaran tersebut terlihat (gambar 2).

One thought on “Macro untuk Semua Dokumen Excel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s