Home

Pada tutorial ini kita akan belajar membuat efek metalik pada pipa dan kawat.

Cara-caranya tidak terlalu susah. Hanya dibutuhkan sedikit kesabaran. Oke deh, kita mulai saja. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.
Langkah pertama, buatlah sebuah media gambar baru sebesar 250×250 pixel. Pilih warna abu-abu gelap sebagai warna foreground (depan). Buat layer baru, kemudian dengan tool Pencil atau Paintbrush buatlah bentuk garis kawat dengan tebal 15 pixel (gambar 1).

Namakan layer baru tersebut menjadi Wire.
Langkah kedua, buat copian dari layer Wire, dengan mendrag ke Layer Baru tombol Create a new layer. Dobel klik pada layer dan ubah nama menjadi Cut Wire. Sembunyikan layer original Wire dengan mengklik pada icon mata pada jendela Layers. Gunakan layer tersebut nanti. Sekarang, pilih Eraser tool, set ukuran brush sekitar 5 pixel dan potong garis seperti gambar 2.

Langkah ketiga, tekan Ctrl dan klik pada layer Wire yang tersembunyi pada jendela Layers. Ini akan membuat seleksi luar pada layer Wire transparasinya. Selanjutnya ke jendela Channels dan simpan seleksi sebagai channel. Pilih Channel baru pada jendela Channels, lalu dobel klik dan ubah nama menjadi Wire Bevel (gambar 3).

Langkah keempat, lakukan Gaussian Blur pada seleksi dengan 9 pixel, lalu 6 pixel, lalu 3 pixel, dan terakhir 1 pixel. Lakukan Auto Levels (Ctrl+Shift+L) pada seleksi. Lalu kembali ke jendela Layers, tekan Ctrl dan klik layer Cut Wire untuk memilih transparasi. Kembali ke jendela Channels, klik pada Wire Bevel, tekan D untuk mereset warna, invert seleksi (Ctrl+Shift+I) dan terakhir bersihkan seleksi dengan menekan Del. Lakukan deselect (Ctrl+D).

Langkah kelima, kembali ke jendela Layers dan pilih layer Cut Wire. Lakukan Filter – Render – Lighting Effects…. Buat warna putih arah datang sinar dan mengarah ke bawah, dari atas. Lalu, buat warna biru arah sinar datang, menyinari ke atas, dari bawah.
Atur setting Properties menjadi:
Gloss 100(Shiny)
Material: -100(Plastic)
Exposure: (39
Ambiance: -21
Set Texture Channel menjadi Wire Bevel dan height menjadi 15 (gambar 5a).

Sekarang paskan posisi arah datang sinar agar sesuai mungkin (gambar 5b).

Langkah keenam, klik pada layer yg tersembunyi Wire layer untuk memperlihatkan kembali. Klik lagi pada layer Ctrl, untuk membuat seleksi. Untuk membuat garis menjadi lebih kecil 1 pixel, invert seleksi (Ctrl+Shift+I), ke Select – Modify – Expand… 1 pixel dan bersihkan seleksi (Del) dan Deselect (Ctrl+D). Lakukan Filter – Render – Lighting Effects…. Dan set Texture Channel menjadi Wire Transparency. Klik OK dan buat dropshadow, maka hasil akhirnya akan seperti gambar 6.

Dimuat pada : PCplus Edisi 141/IV/2003 rubrik plusTrik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s