Home

Tip berikut ini akan memperlihatkan bagaimana membuat teks dengan efek 3D sehingga apabila dilihat atau diletakkan di halaman web seolah-olah meleleh atau seakan keluar atau timbul dari latar nelakang web.

Photobucket - Video and Image Hosting

Caranya, buka sebuah dokumen baru dengan ukuran yang anda inginkan. Pilihlah warna yang sama dengan teks anda nantinya, hanya saja agak lebih terang (pada contoh ini teks nantinya akan berwarna biru sedang, maka sebaiknya kita menggunakan biru agak cerah atau light blue, seperti pada gambar 1).
Photobucket - Video and Image Hosting
Sekarang klik panah pada kotak pilihan warna foreground dan background untuk meletakkan warna pilihan tadi menjadi warna background atau cukup dengan menekan tombol X pada keyboard anda. Pilih warna agak gelap. Pada contoh ini menggunakan warna biru gelap (dark blue). Anda juga dapat dengan cara menggeser panah pada bagian jendela Color Palette sampai mendapatkan warna yang anda inginkan (Window – Show Color). Selanjtunya kita perlu mengisi gambar kita yang masih kosong ini dengan tekstur yang akan digunakan untuk latar belakang halaman web. Buka tekstur di Photoshop dan tekan Ctrl+A untuk memilih semuanya. Kemudian klik Edit -> Define Pattern lalu tutup tekstur. Kembali ke gambar anda, pilih Edit -> Fill -> Pattern (pastikan opacity 100%, mode: normal dan hilangkan tanda sek pada bagian Preserve Transparency). Jika cara yang anda lakukan benar, maka gambar anda seharusnya sudah terisi dengan tekstur tersebut. Pilih Type Mask Tool dan ketikkan kata yang anda inginkan pada gambar anda lalu klik OK. Gambar anda akan menjadi seperti gambar 2.
Photobucket - Video and Image Hosting
Buat sebuah layer baru dan tekan Alt+Delete untuk mengisi teks yang terseleksi dengan warna foreground (pada contoh ini adalah biru cerah). Kemudain buat layer lagi (teks masih dalam keadaan terseleksi atau Select) dan ulangi lagi proses pengisian tekstur untuk background tadi seperti di atas, hanya saja kali ini anda menggunakan tekstur yang berbeda. Gambar anda akan menjadi seperti pada gambar 3 dan 4.
Photobucket - Video and Image Hosting
Photobucket - Video and Image Hosting
Dengan posisi layer paling atas masih terseleksi, tarik panah Opacity di bagian Layers Palette sampai 50% atau 60% (tergantung seberapa gelap atau terang hasil akhir yang anda inginkan). Buat layer baru dan pilih Gradient Tool. Tarik melalui teks yang terseleksi dari atas ke bawah lalu tarik turun panah opacity sampai anda dapat melihat tekstur di belakang gradient. Langkah selanjutnya adalah membuat bayangan untuk teks. Dengan teks masih terseleksi klik Background Layer di Layer Palette dan buat sebuah layer baru. Pilih Select -> Feather -> lalu pilih 1-3 tergantung pada ketebalan huruf yang anda gunakan. Tekan tombol D pada keyboard anda lalu tekan Alt-Delete untuk mengisinya dengan warna hitam. Tekan tombol Alt-Delete lagi untuk membuat bayangan lebih gelap. Tahan tombol Ctrl sambil menekan tombol panah ke bawah pada keyboard anda sekali atau dua kali (anda dapat juga menggesernya ke kanan atau kiri sebanyak 1 atau 2 pixels) sampai anda merasa cukup. Hasilnya akan seperti pada gambar 5.
Photobucket - Video and Image Hosting
Anda bisa saja berhenti sampai di sini dan merasa ini sudah cukup. Tapi jika anda memiliki filter Eye Candy filter, maka anda dapat menambahkan bentuk bevel. Sebenarnya anda bisa membuat bevelnya menggunakan filter yang memang sudah disediakan Photoshop tetapi terkadang hasilnya kurang seperti yang diinginkan. Anda juga dapat berkreasi dengan menggunakan filter, efek atau plug-in lainnya.

Dimuat pada : PCplus Edisi 145/IV/2003 rubrik plusTrik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s